Jumat, 27 September 2013

ATM yang Gratis

Terkoneksinya jaringan ATM semua bank di Indonesia adalah hal yang menyenangkan. Cek saldo, tarik tunai dan transfer antar bank, yang sebelumnya terbatas, sekarang bisa dilakukan di semua ATM bank lain. Tidak perlu lagi repot – repot mencari keberadaan mesin ATM bank sendiri jika ingin ambil uang. Tidak perlu mengantri di teller jika ingin transfer ke bank lain yang tidak terkoneksi. Semuanya menjadi lebih mudah.

Namun, seperti biasa, fasilitas ini tidaklah gratis. Ada tarif layanan yang harus dibayar nasabah ke bank. Jumlahnya kecil jika dihitung per transaksi. Namun seiring meningkatnya frekuensi memanfaatkan fasilitas ATM bank lain, jumlah biaya akan membengkak. Setelah di total setiap bulan, bahkan jika pernah melakukannya, jumlahnya lumayan besar. Coba saja iseng-iseng dhitung.

Sejak itu, saya jadi penasaran dan rajin menelisik sejumlah iklan bank yang mengklaim ATM bebas biaya. Apakah benar – benar bebas biaya atau banyak syaratnya. Ada tidak ATM yang benar-benar ekonomis, bebas biaya tanpa syarat, titik.

Setelah lelah mencari dan mendekati putus asa, saya ketemu satu ATM dari bank yang tidak terlalu besar. Bank itu mengklaim ATMnya bebas biaya. Jelas saya pesimis dan tidak percaya diawal. Setelah buka rekeningan dan melakukan transaksi, ternyata benar. ATMnya bebas biaya.

Bank tersebut adalah Commonwealth Bank. ATM-nya menyediakan fasilitas yang benar –benar murah, menurut saya. Aturannya juga simpel dan jelas. Straight forward. Transaksi ATM Commonwealth di jaringan bank lain, yaitu ATM Bersama dan ATM BCA, tidak dikenakan biaya apapun alias gratis untuk cek saldo, tarik tunai dan transfer antar bank. Full stop. Tidak ada tanda asteriks, tidak ada embel-embel tambahan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar